Sabtu, 04 Mei 2019

Laporan Observasi Laboratorium Komputer Di SMA Negeri 1 Tenggarang Bondowoso



LAPORAN
OBSERVASI LABORATORIUM KOMPUTER
DI SMA NEGERI 1 TENGGARANG BONDOWOSO

DOSEN PEMBIMBING
H. Rusydi, S.Pd.I, M.Pd.I






MEMENUHI TUGAS MATA KULIAH
MANAJEMEN LABORATORIUM PENDIDIKAN

Disusun Oleh : KELOMPOK III (IV MPI B)
Itail Haqiqah              (201691200073)
Rukaiyah                   (201691200086)
Siti Yuliatin                 (201691200090)
Tazkiyatil Maula        (201691200093)
Ulfa Elvitasari            (201691200095)
Umi Kulsum               (201691200096)

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM AT – TAQWABONDOWOSO
Jl. HOS. Cokroaminoto Kademangan – Bondowoso
TAHUN AKADEMIK 2018



KATA PENGANTAR

            Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Mahakuasa atas segala limpahan rahmat serta karunia-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikanlaporan ini yang alhamdulillahtepat pada waktunya yang berjudul “Observasi Laboratorium Komputer”.
Dalam penyusunan makalah atau materi ini, tidak sedikit hambatan yang kami hadapi. Namun penulis menyadari bahwa kelancaran dalam penyusunan materi ini tidak lain berkat bantuan, dorongan, bimbingan orang tua, teman-teman dan guru. Sehingga, kendala- kendala yang penulis hadapi teratasi.
Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas dan menjadi sumbangan pemikiran kepada pembaca khususnya para mahasiswa STAI At-taqwa Bondowoso.
Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.

Bondowoso, 18 Mei 2018


DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR.................................................................................. i
DAFTAR ISI................................................................................................. ii
BAB I  PENDAHULUAN........................................................................... 1
A.   Latar Belakang......................................................................................... 1
B.   Rumusan Masalah.................................................................................... 2
C.   Tujuan Penulisan...................................................................................... 2
BAB II PEMBAHASAN....................................................................................... 3
A.    Kajian Teori............................................................................................... 3
B.     Hasil Observasi......................................................................................... 5
BAB III PENUTUP...................................................................................... 7
A.    Kesimpulan............................................................................................... 7
B.     Saran......................................................................................................... 7
LAMPIRAN.................................................................................................. 8



BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Di zaman modern ini Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terus berkembang pesat menghasilkan produk berupa alat canggih yang telah merambah ke dalam dunia pendidikan. Dalam pendidikan terdapat pembelajaran bagi peserta didik yang dituntut untuk menguasai TIK sesuai perkembangan yang telah terjadi agar pengetahuan dan kemampuannya tidak tertinggal zaman. Sekolah selaku tempat diadakannya pembelajaran secara formal harus menyediakan sarana pra-sarana yang menunjang pembelajaran TIK dengan baik. Diantara banyak sarana disekolah yang telah disediakan pemerintah terdapat salahsatu sarana pra-sarana yang sampai saat ini menunjang pembelajaran TIK yaitu laboratorium komputer.
Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Pasal 43 dalam Permana sebuah laboratorium komputer merupakan prasarana yang wajib bagi semua sekolah di Indonesia dan Propinsi Bali khususnya. Laboratorium komputer yang telah diadakan di sekolah tentunya harus memiliki standar yang baku sesuai kebijakan pemerintah. Standar laboratorium komputer baku yang telah ditentukan pemerintah lebih idealnya harus memiliki standar tambahan yang mengikuti zaman modern sekarang ini. Maka dari itu dapat dicermati beberapa standar ideal laboratorium komputer yang dapat diterapkan di zaman modern ini.


B.     Rumusan Masalah
1.      Bagaimana perencanaan peralatan dan bahan laboratorium komputer?
2.      Bagaimana penyusunan jadual dan tata tertib penggunaan laboratorium komputer?
3.      Bagaimana mengatur penyimpanan dan daftar peralatan laboratorium komputer?
4.      Bagaimana pemeliharaan dan perbaikan peralatan laboratorium komputer?
5.      Bagaimana inventarisasi dan pengadministrasian peminjam peralatan laboratorium komputer?
6.      Bagaimana menyusun laporan pelaksanaan kegiatan laboratorium komputer?

C.    Tujuan Penulisan
1.      Untuk mengetahui perencanaan peralatan dan bahan laboratorium komputer.
2.      Untuk mengetahui penyusunan jadual dan tata tertib penggunaan laboratorium komputer.
3.      Untuk mengetahui mengatur penyimpanan dan daftar peralatan laboratorium komputer.
4.      Untuk mengetahui pemeliharaan dan perbaikan peralatan laboratorium komputer.
5.      Untuk mengetahui inventarisasi dan pengadministrasian peminjam peralatan laboratorium komputer.
6.      Untuk mengetahui menyusun laporan pelaksanaan kegiatan laboratorium komputer.



BAB II
PEMBAHASAN
A.    Kajian Teori
Laboratorium yang sering disingkat “lab”adalah tempat dilakukannya riset atau penelitian ilmiah, eksperimen atau percobaan, pengukuran, ataupun pelatihan ilmiah. Pada umumnya, laboratorium dirancang untuk memungkinkan dilakukannya kegiatan-kegiatan tersebut secara terkendali. Laboratorium ilmiah biasanya dibedakan menurut disiplin ilmunya seperti laboratorium fisika, laboratorium kimia, laboratorium biokimia, laboratorium komputer dan laboratorium bahasa.
Laboratorium komputer adalah tempat riset ilmiah, eksperimen, pengukuran ataupun pelatihan ilmiah yang berhubungan dengan ilmu komputer dan memiliki beberapa komputer dalam satu jaringan untuk penggunaan oleh kalangan tertentu. Menurut Ibrahim Laboratorium komputer adalah sarana yang digunakan untuk berlangsungnya praktikum komputer sebagai pendekatan pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Adapun fungsi laboratorium komputer sebagaimana yang diatur dalam Permendiknas No 24 Tahun 2007 tentang standar sarana dan prasarana sekolah, berfungsi sebagai tempat mengembangkan keterampilan dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi. Selain itu, kita juga memanfaatkan laboratorium komputer untuk membantu proses pembelajaran di berbagai bidang ilmu, bukan hanya TIK, namun juga IPA, IPS, Bahasa dan sebagainya. Apabila fungsi Komputer ini dijalankan secara optimal oleh lembaga pendidikan sebagai media pembelajaran, sangatlah menarik dan penyampaian pembelajaran tidak akan membosankan. Serta apa yang dipelajari dapat terupdate secara baik.
Secara umum, jenis-jenis lanboratorium dibagi menjadi dua. Pertama laboratorium pendidikan, yaitu laboratorium untuk pendidikan terutama tingkat SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi. Semua laboratorium jenis ini ditujukan untuk kelancaran proses kegiatan belajar mengajar. Kegiatan penelitian didalam penelitian laboratorium jenis ini biasanya dilakukan oleh para guru atau dosen dan pelajar. Kedua laboratorium riset, yaitu laboratorium yang digunakan oleh para praktisi keilmuan dalam upatya menemukan sesuatu untuk meneliti suatu hal yang menjadi bidang keahliannya.
Mengingat pentingnya peranan laboratorium komputer dalam mengembangkan keterampilan TIK dan dalam akselerasi proses pembelajaran, maka perlu dilakukan upaya manajemen laboratorium komputer yang baik untuk mendukung peran dan fungsi laboratorium secara optimal.
Pengelolaan laboratorium komputer secara professional dan modern, mulai dari manajemen SDM yang berada dalam laboratorium, perencanaan laboratorium komputer, penatanan laboratorium komputer termasuk juga standart peralatan laboratorium komputer.
Penetuan SDM laboratorium komputer harus di sesuaikan dengan kebutuhan, yaitu sesuai dengan struktur organisasi laboratorium komputer. Secara garis besar, struktur organisasi laboratorium komputer hanya terdiri dari empat bagian, diantaranya: koordinator laboratorium komputer, kepala laboratorium komputer, teknisi laboratorium komputer, dan laboran.
Laboratorium komputer yang ideal bukan hanya praktikum komputer yang dilakukan tetapi pembelajaran TIK berupa inovasi lain dari dunia komputer dari perkembangan zaman modern. Untuk menunjang pembelajaran inovasi modern tentunya harus di berikan fasilitas laboratorium komputer yang memadai sesuai standar ideal agar kegiatan pembelajaran efektif. Sehingga apa yang di pelajari dan di praktikkan peserta didik didapat penguasaan pengetahuan yang lebih luas lagi.
Menurut Richard Decaprio standart peralatan dan bahan laboratorium komputer, diantaranya: access poin, komputer dengan jumlah yang sesuai dengan daya tamping ruangan laboratorium terhadap peserta, VGA splitter, program anti virus, printer, scanner, hardisk eksternal, CD RW, kertas label, tinta printer, koneksi internet di ruang laboratorium komputer, LCD, proyektor, papan tulis, meja, kursi, kertas print, kertas foro, kamera komputer, dan flashdisk.
Dalam pengelolaan laboratorium komputer adalah menentukan kegiatan laboratorium. Kegiatan tersebut diantaranya: kegiatan tahunan, kegiatan persemester, kegiatan bulanan, dan kegiatan mingguan. Berkaitan dengan kegiatan-kegiatan tersebut, yang harus diingat adalah bahwa dalam setiap kegiatan yang telah ditentukan harus ada penanggung jawab khusus yang berkompeten.


B.     Hasil Observasi
1.      Tema                                 : Laboratorium Komputer
2.      Tempat Observasi             : SMANEGERI 1 Tenggarang Bondowoso
3.      Tanggal                             : 2 Mei 2018
4.      Narasumber                       : Bapak Agung

Sekolah Menengah Atas (SMAN) 1 Tenggarang Bondowoso adalah sekolah menengah pertama yang berlokasi di jalan Raya Situbondo No. 96, yang dipimpin oleh Bapak Suprihartono, S. Pd, M. M.
Dari hasil observasi tentang manajemen laboratorium komputer yang kami lakukan dengan narasumber Bapak Agung sebagai teknisi di SMAN 1 Tenggarang Bondowoso, menurut beliaumanajemen laboratorium komputer telah memenuhi standart namun belum terlaksana secara optimal.
Didalam manajemen laboratorium komputer terdapat perencanaan alat dan bahan laboratorium. Alat atau fasilitas sekolah yang ada didalam laboratorium komputer merupakan fasilitas sekolah untuk mendukung terlaksananya kegiatan belajar mengajar (KBM) disekolah, seperti komputer, jaringan internet, dan ruang server. Komputer tersebut tersedia sebanyak 130 unit yang dibagi dalam empat kelas. 130 unit computer tersebut dalam keadaan baik, dan yang rusak disimpan didalam gudang. Biasanya kerusakan komputer terjadi karena konsletting listrik. Pemakaian laboratorium komputer digunakan untuk kegiatan proses belajar mengajar seperti UNBK dan kegiatan lainnya.
Adapun mekanisme atau prosedur manajemen laboratorium komputer yaitu sesuai struktural meliputi kepala sekolah, kepala laboratorium, teknisi dan laboran yang saling bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama.
Didalam manajemen laboratorium komputer tidak semudah membalikkan telapak tangan. Maksudnya terdapat beberapa kendala, salah satunya bersumber dari peserta didik atau pengguna laboratorium yang kurang bisa menjaga peralatan didalam laboratorium komputer. Hal tersebut terjadi karena kurangnya pengawasan dari pihak sekolah.
Untuk mengelola laboratorium komputer diperlukan sejumlah dana yang dibutuhkan. Dana tersebut bersumber dari sekolah tanpa memungut biaya lain dari peserta didik. Untuk memperoleh dana tersebut pihak laboratorium harus mengajukan proposal tentang kebutuhan laboratorium. Dana tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan laboratorium, salah satunya pembiayaan jaringan internet yang setiap bulannya menghabiskan dana sebesar Rp. 8,5 juta untuk tingkat eror, tingkat favorit 10 MB, serta pembiayaan perbaikan  computer yang dilakukan 2 sampai 3 bulan menghabiskan dana berkisar Rp. 300.000 sampai Rp. 500.000.
Dalam menyusun jadual dan tata tertib penggunaan laboratorium, disusun oleh suatu tim yang terdiri dari kepala laboratorium dan beberapa personil yang disetujui oleh kepala sekolah. Proses penyusunan tersebut dilakukan secara umum yang disesuaikan dengan kebutuhan yang disusun oleh pihak sekolah tanpa mengikut sertakan peserta didik. Implementasi tata tertib tersebut terlaksana jika diawasi, namun jika tidak ada pengawasan tata tertib tersebut tidak berlaku. Pengawasan yang dilakukan pihak sekolah menggunakan CCTV yang dipasang di setiap ruanagn laboratorium komputer sehingga pengawas hanya mengawasi melalui monitor.
Dalam manajemen laboratorium komputer selalu terdapat laporan mengenai kegiatan laboratorium komputer. Laporan tersebut dibuat oleh bagian sarana dan prasarana yang sebelumnya pihak tersebut telah meneliti peralatan apa saja yang digunakan dan tidak digunakan. Didalam laporan tersebut terdapat beberapa unsur yaitu: penggunaan dan perbaikan.
Manajemen laboratorium komputer telah sesuai harapan, karena fasilitas telah memenuhi standart, cukup efektif meskipun tidak optimal, seperti penataan kabel yang kurang baik.



BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Laboratorium komputer adalah tempat riset ilmiah, eksperimen, pengukuran ataupun pelatihan ilmiah yang berhubungan dengan ilmu komputer dan memiliki beberapa komputer dalam satu jaringan untuk penggunaan oleh kalangan tertentu. Menurut Ibrahim Laboratorium komputer adalah sarana yang digunakan untuk berlangsungnya praktikum komputer sebagai pendekatan pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Adapun fungsi laboratorium computer sebagai tempat mengembangkan keterampilan dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi. Selain itu, kita juga memanfaatkan laboratorium komputer untuk membantu kegiatan belajar mengajar.

B.     Saran
Mengingat pentingnya peranan laboratorium komputer dalam mengembangkan keterampilan TIK dan dalam akselerasi proses pembelajaran, maka perlu dilakukan upaya manajemen laboratorium komputer yang baik untuk mendukung peran dan fungsi laboratorium secara optimal.


LAMPIRAN
A.    Peraturan dan Tata Tertib Laboratorium Komputer SMAN 1 Tenggarang Bondowoso

SISWA DILARANG
1.      Masuk laboratorium tanpa ijin petugas.
2.      Memindahkan atau mengambil peralatan komputer, kabel dan inventaris laboratorium lainnya dengan alasan apapun.
3.      Membuka casing komputer dengan alasan apapun.
4.      Membuang sampah sembarangan.
5.      Menggunakan komputer yang tidak semestinya.
6.      Membawa tas ke dalam ruang laboratorium komputer.
7.      Makan dan minum di dalam ruangg laboratorium komputer.
8.      Corat-coret di meja atau komputer atau tembok dan lain-lain.
9.      Mengubah jaringan listrik tanpa seijin petugas.
10.  Memasukkan data ke komputer tanpa ijin petugas.
11.  Bermain game dan membuat keributan.
WAJIB DITAATI DAN DILAKSANAKAN BAGI PEMAKAI LABORATORIUM KOMPUTER
1.      Mematuhi tata tertib dan ketentuan yang berlaku.
2.      Menghidupkan dan mematikan komputer sesuai prosedur.
3.      Merapikan dan menata kembali peralatan komputer, meja, kursi dan sebagainya setelah digunakan.
4.      Melepas alas kaki sebelum masuk ruang laboratorium komputer.
5.      Menjaga dan bertanggung jawab atas kebersihan, kerusakan, kehilangan alat-alat laboratorium komputer.
6.      Pada saat pelajaran TIK semua siswa wajib menaati tata tertib sekolah (kegiatan dengan pakaian seragam sekolah rapi).
7.      Untuk keperluan sekolah atau OSIS harus seijin petugas dengan persetujuan kepala sekolah selaku penanggung jawab laboratorium komputer.


FORMAT ADMINISTRASI PEMINJAMAN

Description: G:\TUGAS KULIAH\SEMESTER 4\Manaj. Laboratorium Pendidikan\OBSERVASI\IMG_20180502_111908.jpgDescription: G:\TUGAS KULIAH\SEMESTER 4\Manaj. Laboratorium Pendidikan\OBSERVASI\IMG_20180502_111827.jpg                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                  

                                                           
FORMAT  LAPORAN KEGIATAN LABORATORIUM

Description: G:\TUGAS KULIAH\SEMESTER 4\Manaj. Laboratorium Pendidikan\OBSERVASI\IMG_20180502_112019.jpg                 Description: G:\TUGAS KULIAH\SEMESTER 4\Manaj. Laboratorium Pendidikan\OBSERVASI\IMG_20180502_112030.jpg


B.     Dokumentasi

Description: C:\Users\FERY\AppData\Local\Microsoft\Windows\Temporary Internet Files\Content.Word\20180502_094549.jpg        Description: G:\TUGAS KULIAH\SEMESTER 4\Manaj. Laboratorium Pendidikan\OBSERVASI\8d2a905c4a1251110f5fc617182f97c1.jpg
      Tampak Depan                           Pintu Masuk: Pengisian buku tamu

Description: G:\TUGAS KULIAH\SEMESTER 4\Manaj. Laboratorium Pendidikan\OBSERVASI\IMG_20180502_110755.jpgDescription: G:\TUGAS KULIAH\SEMESTER 4\Manaj. Laboratorium Pendidikan\OBSERVASI\IMG_20180502_110951.jpgProses Observasi

Description: G:\TUGAS KULIAH\SEMESTER 4\Manaj. Laboratorium Pendidikan\OBSERVASI\IMG_20180502_105349.jpg    Description: G:\TUGAS KULIAH\SEMESTER 4\Manaj. Laboratorium Pendidikan\OBSERVASI\IMG_20180502_111644.jpg
    Ruangan Laboratorium TIK                  Ruangan Teknisi Laboratorium TIK

Description: G:\TUGAS KULIAH\SEMESTER 4\Manaj. Laboratorium Pendidikan\OBSERVASI\IMG_20180502_123243.jpg
Mahasiswi STAI AT-TAQWA BONDOWOSO

Description: G:\TUGAS KULIAH\SEMESTER 4\Manaj. Laboratorium Pendidikan\OBSERVASI\IMG_20180502_112320.jpg
Mahasiswi STAI AT-TAQWA BONDOWOSO bersama Bapak Agung selaku Teknisi Laboratorium Komputer SMAN 1 Tanggerang Bondowoso




1 komentar:

  1. manfaat barokah..
    mudah2an yang upload tambah ilmunya, banyak rejeki, dan baik hati

    BalasHapus