LAPORAN
OBSERVASI LABORATORIUM KOMPUTER
DI SMA NEGERI 1 TENGGARANG BONDOWOSO
DOSEN
PEMBIMBING
H. Rusydi, S.Pd.I, M.Pd.I
MEMENUHI TUGAS MATA
KULIAH
MANAJEMEN LABORATORIUM PENDIDIKAN
Disusun Oleh : KELOMPOK III (IV MPI B)
Itail Haqiqah (201691200073)
Rukaiyah (201691200086)
Siti Yuliatin (201691200090)
Tazkiyatil Maula (201691200093)
Ulfa Elvitasari (201691200095)
Umi Kulsum (201691200096)
SEKOLAH TINGGI
AGAMA ISLAM AT – TAQWABONDOWOSO
Jl. HOS. Cokroaminoto Kademangan – Bondowoso
TAHUN AKADEMIK 2018
KATA PENGANTAR
Puji
syukur kehadirat Tuhan Yang Mahakuasa atas segala limpahan rahmat serta
karunia-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikanlaporan ini yang
alhamdulillahtepat pada waktunya yang berjudul “Observasi Laboratorium Komputer”.
Dalam penyusunan makalah atau materi
ini, tidak sedikit hambatan yang kami hadapi. Namun penulis menyadari bahwa
kelancaran dalam penyusunan materi ini tidak lain berkat bantuan, dorongan,
bimbingan orang tua, teman-teman dan guru. Sehingga, kendala- kendala yang
penulis hadapi teratasi.
Semoga makalah ini dapat memberikan
wawasan yang lebih luas dan menjadi sumbangan pemikiran kepada pembaca
khususnya para mahasiswa STAI At-taqwa Bondowoso.
Kami menyadari bahwa makalah ini
masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran dari semua pihak
yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.
Bondowoso,
18 Mei 2018
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR.................................................................................. i
DAFTAR
ISI................................................................................................. ii
BAB
I PENDAHULUAN........................................................................... 1
A. Latar Belakang......................................................................................... 1
B. Rumusan Masalah.................................................................................... 2
C. Tujuan Penulisan...................................................................................... 2
BAB
II PEMBAHASAN....................................................................................... 3
A.
Kajian Teori............................................................................................... 3
B.
Hasil Observasi......................................................................................... 5
BAB
III PENUTUP...................................................................................... 7
A. Kesimpulan............................................................................................... 7
B. Saran......................................................................................................... 7
LAMPIRAN.................................................................................................. 8
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Di zaman modern
ini Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terus berkembang pesat
menghasilkan produk berupa alat canggih yang telah merambah ke dalam dunia
pendidikan. Dalam pendidikan terdapat pembelajaran bagi peserta didik yang
dituntut untuk menguasai TIK sesuai perkembangan yang telah terjadi agar
pengetahuan dan kemampuannya tidak tertinggal zaman. Sekolah selaku tempat
diadakannya pembelajaran secara formal harus menyediakan sarana pra-sarana yang
menunjang pembelajaran TIK dengan baik. Diantara banyak sarana disekolah yang
telah disediakan pemerintah terdapat salahsatu sarana pra-sarana yang sampai
saat ini menunjang pembelajaran TIK yaitu laboratorium komputer.
Berdasarkan
Peraturan Pemerintah (PP) Pasal 43 dalam Permana sebuah laboratorium komputer
merupakan prasarana yang wajib bagi semua sekolah di Indonesia dan Propinsi
Bali khususnya. Laboratorium komputer yang telah diadakan di sekolah tentunya
harus memiliki standar yang baku sesuai kebijakan pemerintah. Standar
laboratorium komputer baku yang telah ditentukan pemerintah lebih idealnya
harus memiliki standar tambahan yang mengikuti zaman modern sekarang ini. Maka
dari itu dapat dicermati beberapa standar ideal laboratorium komputer yang
dapat diterapkan di zaman modern ini.
B.
Rumusan Masalah
1.
Bagaimana perencanaan peralatan dan bahan
laboratorium komputer?
2.
Bagaimana penyusunan jadual dan tata tertib
penggunaan laboratorium komputer?
3.
Bagaimana mengatur penyimpanan dan daftar
peralatan laboratorium komputer?
4.
Bagaimana pemeliharaan dan perbaikan peralatan
laboratorium komputer?
5.
Bagaimana inventarisasi dan pengadministrasian
peminjam peralatan laboratorium komputer?
6.
Bagaimana menyusun laporan pelaksanaan kegiatan
laboratorium komputer?
C.
Tujuan Penulisan
1.
Untuk mengetahui perencanaan peralatan dan bahan
laboratorium komputer.
2.
Untuk mengetahui penyusunan jadual dan tata
tertib penggunaan laboratorium komputer.
3.
Untuk mengetahui mengatur penyimpanan dan
daftar peralatan laboratorium komputer.
4.
Untuk mengetahui pemeliharaan dan perbaikan
peralatan laboratorium komputer.
5.
Untuk mengetahui inventarisasi dan
pengadministrasian peminjam peralatan laboratorium komputer.
6.
Untuk mengetahui menyusun laporan pelaksanaan
kegiatan laboratorium komputer.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Kajian Teori
Laboratorium
yang sering disingkat “lab”adalah tempat dilakukannya riset atau penelitian
ilmiah, eksperimen atau percobaan, pengukuran, ataupun pelatihan ilmiah. Pada
umumnya, laboratorium dirancang untuk memungkinkan dilakukannya
kegiatan-kegiatan tersebut secara terkendali. Laboratorium ilmiah biasanya
dibedakan menurut disiplin ilmunya seperti laboratorium fisika, laboratorium
kimia, laboratorium biokimia, laboratorium komputer dan laboratorium bahasa.
Laboratorium
komputer adalah tempat riset ilmiah, eksperimen, pengukuran ataupun pelatihan
ilmiah yang berhubungan dengan ilmu komputer dan memiliki beberapa komputer
dalam satu jaringan untuk penggunaan oleh kalangan tertentu. Menurut Ibrahim
Laboratorium komputer adalah sarana yang digunakan untuk berlangsungnya
praktikum komputer sebagai pendekatan pembelajaran Teknologi Informasi dan
Komunikasi.
Adapun fungsi laboratorium komputer sebagaimana
yang diatur dalam Permendiknas No 24 Tahun 2007 tentang standar sarana dan
prasarana sekolah, berfungsi sebagai tempat mengembangkan keterampilan dalam
bidang teknologi informasi dan komunikasi. Selain itu, kita juga memanfaatkan
laboratorium komputer untuk membantu proses pembelajaran di berbagai bidang
ilmu, bukan hanya TIK, namun juga IPA, IPS, Bahasa dan sebagainya. Apabila
fungsi Komputer ini dijalankan secara optimal oleh lembaga pendidikan sebagai
media pembelajaran, sangatlah menarik dan penyampaian pembelajaran tidak akan
membosankan. Serta apa yang dipelajari dapat terupdate secara baik.
Secara umum, jenis-jenis lanboratorium dibagi
menjadi dua. Pertama laboratorium pendidikan, yaitu laboratorium untuk
pendidikan terutama tingkat SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi. Semua
laboratorium jenis ini ditujukan untuk kelancaran proses kegiatan belajar
mengajar. Kegiatan penelitian didalam penelitian laboratorium jenis ini
biasanya dilakukan oleh para guru atau dosen dan pelajar. Kedua laboratorium
riset, yaitu laboratorium yang digunakan oleh para praktisi keilmuan dalam
upatya menemukan sesuatu untuk meneliti suatu hal yang menjadi bidang
keahliannya.
Mengingat pentingnya peranan laboratorium
komputer dalam mengembangkan keterampilan TIK dan dalam akselerasi proses
pembelajaran, maka perlu dilakukan upaya manajemen laboratorium komputer yang
baik untuk mendukung peran dan fungsi laboratorium secara optimal.
Pengelolaan laboratorium komputer secara
professional dan modern, mulai dari manajemen SDM yang berada dalam
laboratorium, perencanaan laboratorium komputer, penatanan laboratorium
komputer termasuk juga standart peralatan laboratorium komputer.
Penetuan SDM laboratorium komputer harus di
sesuaikan dengan kebutuhan, yaitu sesuai dengan struktur organisasi
laboratorium komputer. Secara garis besar, struktur organisasi laboratorium
komputer hanya terdiri dari empat bagian, diantaranya: koordinator laboratorium
komputer, kepala laboratorium komputer, teknisi laboratorium komputer, dan
laboran.
Laboratorium komputer yang ideal bukan hanya
praktikum komputer yang dilakukan tetapi pembelajaran TIK berupa inovasi lain
dari dunia komputer dari perkembangan zaman modern. Untuk menunjang
pembelajaran inovasi modern tentunya harus di berikan fasilitas laboratorium
komputer yang memadai sesuai standar ideal agar kegiatan pembelajaran efektif.
Sehingga apa yang di pelajari dan di praktikkan peserta didik didapat
penguasaan pengetahuan yang lebih luas lagi.
Menurut Richard Decaprio standart peralatan dan
bahan laboratorium komputer, diantaranya: access poin, komputer dengan jumlah
yang sesuai dengan daya tamping ruangan laboratorium terhadap peserta, VGA splitter,
program anti virus, printer, scanner, hardisk eksternal, CD RW, kertas label,
tinta printer, koneksi internet di ruang laboratorium komputer, LCD, proyektor,
papan tulis, meja, kursi, kertas print, kertas foro, kamera komputer, dan
flashdisk.
Dalam pengelolaan laboratorium komputer adalah
menentukan kegiatan laboratorium. Kegiatan tersebut diantaranya: kegiatan
tahunan, kegiatan persemester, kegiatan bulanan, dan kegiatan mingguan.
Berkaitan dengan kegiatan-kegiatan tersebut, yang harus diingat adalah bahwa
dalam setiap kegiatan yang telah ditentukan harus ada penanggung jawab khusus
yang berkompeten.
B. Hasil Observasi
1.
Tema
:
Laboratorium Komputer
2.
Tempat
Observasi : SMANEGERI 1
Tenggarang Bondowoso
3.
Tanggal
: 2 Mei 2018
4.
Narasumber
: Bapak Agung
Sekolah
Menengah Atas (SMAN) 1 Tenggarang Bondowoso adalah sekolah menengah pertama
yang berlokasi di jalan Raya Situbondo No. 96, yang dipimpin oleh Bapak
Suprihartono, S. Pd, M. M.
Dari hasil
observasi tentang manajemen laboratorium komputer yang kami lakukan dengan
narasumber Bapak Agung sebagai teknisi di SMAN 1 Tenggarang Bondowoso, menurut
beliaumanajemen laboratorium komputer telah memenuhi standart namun belum
terlaksana secara optimal.
Didalam
manajemen laboratorium komputer terdapat perencanaan alat dan bahan
laboratorium. Alat atau fasilitas sekolah yang ada didalam laboratorium
komputer merupakan fasilitas sekolah untuk mendukung terlaksananya kegiatan
belajar mengajar (KBM) disekolah, seperti komputer, jaringan internet, dan
ruang server. Komputer tersebut tersedia sebanyak 130 unit yang dibagi dalam
empat kelas. 130 unit computer tersebut dalam keadaan baik, dan yang rusak
disimpan didalam gudang. Biasanya kerusakan komputer terjadi karena konsletting
listrik. Pemakaian laboratorium komputer digunakan untuk
kegiatan proses belajar mengajar seperti UNBK dan kegiatan lainnya.
Adapun
mekanisme atau prosedur manajemen laboratorium komputer yaitu sesuai struktural
meliputi kepala sekolah, kepala laboratorium, teknisi dan laboran yang saling
bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama.
Didalam
manajemen laboratorium komputer tidak semudah membalikkan telapak tangan.
Maksudnya terdapat beberapa kendala, salah satunya bersumber dari peserta didik
atau pengguna laboratorium yang kurang bisa menjaga peralatan didalam
laboratorium komputer. Hal tersebut terjadi karena kurangnya pengawasan dari
pihak sekolah.
Untuk mengelola laboratorium komputer
diperlukan sejumlah dana yang dibutuhkan. Dana tersebut bersumber dari sekolah
tanpa memungut biaya lain dari peserta didik. Untuk memperoleh dana tersebut
pihak laboratorium harus mengajukan proposal tentang kebutuhan laboratorium.
Dana tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan laboratorium, salah satunya
pembiayaan jaringan internet yang setiap bulannya menghabiskan dana sebesar Rp.
8,5 juta untuk tingkat eror, tingkat favorit 10 MB, serta pembiayaan
perbaikan computer yang dilakukan 2
sampai 3 bulan menghabiskan dana berkisar Rp. 300.000 sampai Rp. 500.000.
Dalam menyusun jadual dan tata tertib
penggunaan laboratorium, disusun oleh suatu tim yang terdiri dari kepala
laboratorium dan beberapa personil yang disetujui oleh kepala sekolah. Proses
penyusunan tersebut dilakukan secara umum yang disesuaikan dengan kebutuhan
yang disusun oleh pihak sekolah tanpa mengikut sertakan peserta didik.
Implementasi tata tertib tersebut terlaksana jika diawasi, namun jika tidak ada
pengawasan tata tertib tersebut tidak berlaku. Pengawasan yang dilakukan pihak
sekolah menggunakan CCTV yang dipasang di setiap ruanagn laboratorium komputer
sehingga pengawas hanya mengawasi melalui monitor.
Dalam manajemen laboratorium komputer selalu
terdapat laporan mengenai kegiatan laboratorium komputer. Laporan tersebut
dibuat oleh bagian sarana dan prasarana yang sebelumnya pihak tersebut telah
meneliti peralatan apa saja yang digunakan dan tidak digunakan. Didalam laporan
tersebut terdapat beberapa unsur yaitu: penggunaan dan perbaikan.
Manajemen laboratorium komputer telah sesuai
harapan, karena fasilitas telah memenuhi standart, cukup efektif meskipun tidak
optimal, seperti penataan kabel yang kurang baik.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Laboratorium
komputer adalah tempat riset ilmiah, eksperimen, pengukuran ataupun pelatihan
ilmiah yang berhubungan dengan ilmu komputer dan memiliki beberapa komputer
dalam satu jaringan untuk penggunaan oleh kalangan tertentu. Menurut Ibrahim
Laboratorium komputer adalah sarana yang digunakan untuk berlangsungnya
praktikum komputer sebagai pendekatan pembelajaran Teknologi Informasi dan
Komunikasi.
Adapun fungsi laboratorium computer sebagai
tempat mengembangkan keterampilan dalam bidang teknologi informasi dan
komunikasi. Selain itu, kita juga memanfaatkan laboratorium komputer untuk
membantu kegiatan belajar mengajar.
B.
Saran
Mengingat pentingnya peranan laboratorium
komputer dalam mengembangkan keterampilan TIK dan dalam akselerasi proses
pembelajaran, maka perlu dilakukan upaya manajemen laboratorium komputer yang
baik untuk mendukung peran dan fungsi laboratorium secara optimal.
LAMPIRAN
A.
Peraturan dan Tata Tertib Laboratorium Komputer
SMAN 1 Tenggarang Bondowoso
SISWA DILARANG
1.
Masuk laboratorium tanpa ijin petugas.
2.
Memindahkan atau mengambil peralatan komputer,
kabel dan inventaris laboratorium lainnya dengan alasan apapun.
3.
Membuka casing komputer dengan alasan apapun.
4.
Membuang sampah sembarangan.
5.
Menggunakan komputer yang tidak semestinya.
6.
Membawa tas ke dalam ruang laboratorium
komputer.
7.
Makan dan minum di dalam ruangg laboratorium
komputer.
8.
Corat-coret di meja atau komputer atau tembok
dan lain-lain.
9.
Mengubah jaringan listrik tanpa seijin petugas.
10.
Memasukkan data ke komputer tanpa ijin petugas.
11.
Bermain game dan membuat keributan.
WAJIB DITAATI
DAN DILAKSANAKAN BAGI PEMAKAI LABORATORIUM KOMPUTER
1.
Mematuhi tata tertib dan ketentuan yang
berlaku.
2.
Menghidupkan dan mematikan komputer sesuai
prosedur.
3.
Merapikan dan menata kembali peralatan
komputer, meja, kursi dan sebagainya setelah digunakan.
4.
Melepas alas kaki sebelum masuk ruang
laboratorium komputer.
5.
Menjaga dan bertanggung jawab atas kebersihan,
kerusakan, kehilangan alat-alat laboratorium komputer.
6.
Pada saat pelajaran TIK semua siswa wajib
menaati tata tertib sekolah (kegiatan dengan pakaian seragam sekolah rapi).
7.
Untuk keperluan sekolah atau OSIS harus seijin
petugas dengan persetujuan kepala sekolah selaku penanggung jawab laboratorium
komputer.
FORMAT
ADMINISTRASI PEMINJAMAN
FORMAT LAPORAN KEGIATAN LABORATORIUM
B.
Dokumentasi
Tampak Depan Pintu Masuk: Pengisian buku tamu
Proses
Observasi
Ruangan Laboratorium TIK Ruangan Teknisi Laboratorium
TIK
Mahasiswi STAI
AT-TAQWA BONDOWOSO
Mahasiswi STAI
AT-TAQWA BONDOWOSO bersama Bapak Agung selaku Teknisi Laboratorium Komputer
SMAN 1 Tanggerang Bondowoso
manfaat barokah..
BalasHapusmudah2an yang upload tambah ilmunya, banyak rejeki, dan baik hati